Cara Cepat Dapat Kerja Coba 7 Tips Berikut Ini

Cara cepat dapat kerja berikut ini bisa anda coba. Kalau tahu caranya, mendapatkan pekerjaan itu tidak terlalu sulit. Tidak semudah membalik telapak tangan sih. Anda tetap perlu mengatur waktu, memulihkan kepercayaan diri, dan menyiapkan mental jika menghadapi penolakan. Yang jelas, semakin lama anda menganggur, akan semakin sulit menemukan pekerjaan lagi. Beberapa perusahaan cenderung menolak lamaran calon karyawan yang sudah terlalu lama menganggur.

Itulah sebabnya anda perlu tips dan cara cepat dapat kerja di bawah ini.

Jika memang anda sudah agak lama menganggur, taruhlah selama satu atau dua tahun tanpa pekerjaan pasti, maka bisa dipastikan masalah percaya diri menjadi penyebab utama anda menjadi ragu untuk mencoba melamar pekerjaan. Terutama jika perusahaan yang anda tuju adalah perusahaan yang lumayan besar.

Salah satu hal yang anda bisa lakukan untuk memulihkan rasa percaya diri adalah dengan mengisi hari-hari menganggur anda dengan kegiatan yang produktif. Anda mungkin tidak bekerja, tapi anda bisa belajar. Misalnya mengikuti kursus keterampilan yang menunjang pekerjaan impian anda. Jadi, ketika dalam wawancara anda diberi pertanyaan tentang apa yang anda lakukan sepanjang menganggur, anda akan punya jawaban yang memberi anda nilai lebih, yaitu membuat anda lebih layak – meningkatkan kualitas pribadi anda.

Cara Cepat Dapat Kerja: 7 Tips

Tunjukkan Semangat Anda

Jangan membiarkan anda terlihat menyedihkan dan butuh bantuan. Mereka yang berada di posisi HRD, yang akan mewawancarai anda itu, rata-rata tidak akan mempertimbangkan rasa kasihan sebagai salah satu alasan untuk menerima orang bekerja. Mereka akan lebih memilih orang yang datang dengan semangat dan ceria, bukan orang yang datang dengan beban dan muka memelas.

Temukan dan tunjukkan kemampuan anda

Bagi orang timur, dalam hal ini, kita – orang Indonesia, menunjukkan kelebihan diri memang sesuatu yang sedikit tabu. Akan ada sedikit tekanan psikologis ketika anda harus menunjukkan kemampuan dan kelebihan anda.

Tapi kemampuan untuk menemukan kelebihan diri dan menunjukannya kepada orang yang mewawancarai anda adalah prasyarat yang sangat penting untuk bisa cepat dapat kerja.

Jika anda benar-benar tahu dan memahami suatu bidang, anda tidak akan kehabisan kata untuk membahasnya. Jika anda merasa nyaman untuk berbicara tentang satu hal dalam waktu yang lama, maka mungkin itulah kelebihan anda. Jika itu layak anda tunjukkan dalam wawancara, jangan ragu untuk mulai bicara tentang hal tersebut.

Fokus pada target

Anda perlu komunikasikan keinginan anda untuk bekerja dengan bersemangat. Anda juga bisa menyampaikan tentang pekerjaan yang cocok, lokasi, dan kualifkasi anda. Misalnya jika anda hendak melamar di bagian marketing, anda perlu tunjukkan bahwa sangat menguasai medan, menguasai produk, atau bahwa anda adalah pengguna setia produk yang dijual perusahaan tersebut.

Buatlah rencana

Mungkin anda berkilah, belum juga dapat kerja kog sudah membuat rencana. Jangan salah, justru ketika anda dalam kondisi mepet seperti ketika menganggur itu, perencanaan sangatlah penting. Perencanaan yang dimaksud di sini bukan berupa pengandaian, tetapi lebih pada langkah dan strategi yang bagus.

Mulailah dengan membuat resume yang bagus, surat lamaran dengan tulisan yang sulit ditolak, menjalin hubungan baik dengan sebanyak mungkin orang, berlatih menjawab pertanyaan yang biasa muncul dalam wawancara kerja, pelajari tentang produk dan perusahaan yang anda tuju, dan juga prioritas perusahaan yang anda inginkan.

Tanpa melihat dan melakukan semua itu, anda akan berakhir dalam keadaan yang tidak anda persiapkan sebelumnya. Dan itu bisa membuat semua menjadi lebih buruk.

Bangun kredibilitas

Ada beberapa orang yang meskipun mereka menganggur – tanpa pekerjaan yang digaji, ternyata tetap dikenal sebagai pribadi yang tangguh dan punya kapasitas. Tidak jarang malah mereka yang dilamar perusahaan. Bukan mereka yang melamar pekerjaan.

Bagaimana bisa begitu?

Ternyata mereka adalah orang-orang yang tidak pelit berbagi ilmu dan senantiasa menjaga reputasi yang mereka bangun sejak mereka masih aktif ‘bekerja’ dahulu.

Anda juga bisa seperti itu. Bukankah selama anda menganggur ternyata masih ada orang-orang dekat anda yang bertanya atau berkonsultasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan anda dahulu? Apa jawaban anda ketika itu terjadi? Jika mereka masih terus bertanya, itu tandanya anda mampu memberi jawaban yang memuaskan dan menunjukkan kemampuan anda.

Jangan mengurung diri

Ini sulit. Terutama ketika sebelumnya anda punya posisi dan gaji bagus. Ketika mendadak menganggur, tiba-tiba saja anda dengan mudah memilih untuk berada di rumah saja dan membatasi hubungan dengan teman-teman dan sanak saudara.

Ok, untuk beberapa hari atau minggu, itu masih bisa dilakukan. Tapi, seperti di awal tadi, semakin lama anda menunda mencari pekerjaan, semakin sulit juga anda akan menemukannya lagi. Jadi berhentilah bersembunyi, raih kembali kepercayaan diri anda, dan segera temukan diri anda bekerja lagi.

Buang itu gengsi!

Ketika semua menjadi terlihat begitu gelap, itu saatnya anda memerlukan bantuan orang lain. Bisa jadi tawaran mereka tidak tampak bagus, tapi saat ini, anda benar-benar perlu pandangan orang lain. Bergabunglah dengan orang-orang yang sekiranya bisa memberi anda informasi bagus tentang pekerjaan.

Jika ternyata anda tidak cukup nyali untuk melamar pekerjaan lagi, mengapa tidak mencoba membuat usaha anda sendiri?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Cepat Dapat Kerja Coba 7 Tips Berikut Ini"

Post a Comment